Home / Daerah / Pemerintahan

Minggu, 21 November 2021 - 21:16 WIB

135 DESA DI CIREBON GELAR PILKADES SERENTAK

koransakti - Penulis

KoranSakti.co.id, CIREBON- Hari ini Minggu (21/11) tahapan pemungutan suara pilkades serentak di Kabupaten Cirebon digelar.

Sebanyak 476 kontestan akan bersaing untuk memperebutkan kursi kepala desa di 135 desa yang tersebar di 38 kecamatan. Dan untuk kelancaran penggunaan 536.382 hak suara, 1.234 TPS telah disiapkan.

Hingga saat ini Cirebon termasuk kabupaten ke-10 yang sudah menggelar pilkades serentak bersama Kab. Karawang, Kab. Bekasi, Kab. Tasikmalaya, Kab. Majalengka, Kab. Indramayu, Kab. Garut, dan Kab. Purwakarta, dan Kab. Sumedang.

Ditemui di TPS 02 Desa Wanayasa Kec. Beber, Bupati Cirebon, Drs. H. Imron Rosyadi, M.Ag menegaskan bahwa pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Cirebon telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga :   Pemdes Ulu Air Kembali Salurkan BLT-DD Tahap 10 dan 11 Kepada 117 KPM

“Saya berharap partisipasi masyarakat akan tinggi untuk menggunakan hak suaranya dengan baik, sehingga pilkades ini menghasilkan pemimpin desa yang berkualitas”, sambung Wabup Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih,SE.,M.Si yang turut mendampingi Bupati Cirebon di Desa Wanayasa.

Di lain pihak, Kepala DPMD Prov. Jabar, Dr. Ir. H. Dicky Saromi, M.Sc, juga mengharapkan pilkades ini akan terselenggara dengan baik dan sukses secara demokrasi, politik, dan kesehatan.

“Artinya sukses demokrasi, bahwa pilkades berjalan baik. Sementara, sukses politik akan melahirkan kuwu yang amanah, dan sukses kesehatan agar pilkades ini tidak menjadi kluster baru Covid-19”, jelas Dicky Saromi.

Baca juga :   Ketua DPRD Lendra Wijaya Shalat Idul Adha 1444 H

Pada kesempatan tersebut, pilkades di Desa Wanayasa juga dipantau oleh Tim Pemantau Pilkades dari Ditjen Bina Pemdes Kemendagri yang dipimpin Simon Makarios Aruan, S.IP., M.Si.

“Kami sebagai Tim Pemantau Pilkades, hadir disini untuk melaksanakan tugas pemantauan dan memastikan pilkades sudah sesuai dengan Permendagri 73 tahun 2020”, tegas Simon.

Sementara itu, sehari sebelumnya Wahyudin S.Sos, MM, Sekretaris DPMD Prov. Jabar didampingi jajaran Eselon III menyambangi salah satu desa peserta pilkades serentak tahun 2021 di Cirebon.

Kehadirannya di Desa Sumber Kidul Kec. Babakan, tiada lain untuk meninjau dan memantau kesiapan desa tersebut dalam menggelar pilkades.

***HUMAS DPMD PROV. JABAR

Berita ini 33 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Advetorial

Hindari Informasi Hoax, KPU Sungai Penuh Gelar Coffee MorningĀ 

Daerah

Aidil Fitri Ketum Foreder Ganjar-Erick Pantas Maju Capres-Cawapres, Tolak Politik Identitas di Pilpres 2024

Bencana

ASN DPMD JABAR REREONGAN SEMBAKO UNTUK KORBAN BANJIR BANDANG GARUT

Daerah

Syuting Film Harmoni Cinta Bhinn & Eka Sukses KBO Babel Ucapkan Terimakasih

Jambi

Kapolda Jambi Tegaskan Untuk Memberantas Penambangan Emas Tanpa Izin Perlu Melibatkan Semua Pihak Terkait

Pemerintahan

Kadis Disbudpar Bobi Arisandi Membantah Wako Ahmadi Zubir Bukan Arogan

Advetorial

RW 26 Cibereum, Cimahi Selatan Gelar Sunatan Massal

Advetorial

Berlangsung Meriah, Bupati Kerinci Adirozal Hadiri Peringatan HKG PKK Ke-51 Tahun 2023