Home / Daerah / Pemerintahan

Minggu, 21 November 2021 - 21:16 WIB

135 DESA DI CIREBON GELAR PILKADES SERENTAK

koransakti - Penulis

KoranSakti.co.id, CIREBON- Hari ini Minggu (21/11) tahapan pemungutan suara pilkades serentak di Kabupaten Cirebon digelar.

Sebanyak 476 kontestan akan bersaing untuk memperebutkan kursi kepala desa di 135 desa yang tersebar di 38 kecamatan. Dan untuk kelancaran penggunaan 536.382 hak suara, 1.234 TPS telah disiapkan.

Hingga saat ini Cirebon termasuk kabupaten ke-10 yang sudah menggelar pilkades serentak bersama Kab. Karawang, Kab. Bekasi, Kab. Tasikmalaya, Kab. Majalengka, Kab. Indramayu, Kab. Garut, dan Kab. Purwakarta, dan Kab. Sumedang.

Ditemui di TPS 02 Desa Wanayasa Kec. Beber, Bupati Cirebon, Drs. H. Imron Rosyadi, M.Ag menegaskan bahwa pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Cirebon telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga :   DPRD Kota Sungai Penuh laksanakan Kunjungan Kerja Komisi

“Saya berharap partisipasi masyarakat akan tinggi untuk menggunakan hak suaranya dengan baik, sehingga pilkades ini menghasilkan pemimpin desa yang berkualitas”, sambung Wabup Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih,SE.,M.Si yang turut mendampingi Bupati Cirebon di Desa Wanayasa.

Di lain pihak, Kepala DPMD Prov. Jabar, Dr. Ir. H. Dicky Saromi, M.Sc, juga mengharapkan pilkades ini akan terselenggara dengan baik dan sukses secara demokrasi, politik, dan kesehatan.

“Artinya sukses demokrasi, bahwa pilkades berjalan baik. Sementara, sukses politik akan melahirkan kuwu yang amanah, dan sukses kesehatan agar pilkades ini tidak menjadi kluster baru Covid-19”, jelas Dicky Saromi.

Baca juga :   Pemkot Sungai Penuh & BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi Gelar Exit Meeting

Pada kesempatan tersebut, pilkades di Desa Wanayasa juga dipantau oleh Tim Pemantau Pilkades dari Ditjen Bina Pemdes Kemendagri yang dipimpin Simon Makarios Aruan, S.IP., M.Si.

“Kami sebagai Tim Pemantau Pilkades, hadir disini untuk melaksanakan tugas pemantauan dan memastikan pilkades sudah sesuai dengan Permendagri 73 tahun 2020”, tegas Simon.

Sementara itu, sehari sebelumnya Wahyudin S.Sos, MM, Sekretaris DPMD Prov. Jabar didampingi jajaran Eselon III menyambangi salah satu desa peserta pilkades serentak tahun 2021 di Cirebon.

Kehadirannya di Desa Sumber Kidul Kec. Babakan, tiada lain untuk meninjau dan memantau kesiapan desa tersebut dalam menggelar pilkades.

***HUMAS DPMD PROV. JABAR

Berita ini 35 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Advetorial

Sekda Alpian Buka Konfercab III Muslimat NU

Daerah

GANJAR JOGGING DI CIPETE UTARA JAKSEL MALAH ANIES BASWEDAN YANG DIPUJI NETIZEN

Kerinci

Laporkan Dugaan Kecurangan Ke Bawaslu, Timses Caleg PPP Menuntut Perhitungan Suara ulang

Advetorial

Bupati Adirozal Ikuti Sepeda Santai Bersama Ribuan ASN dan Masyarakat Kerinci

Kerinci

Satreskrim Polres Kerinci Tangkap Pelaku Ilegal Loging

Advetorial

Wako Ahmadi menghadiri Syukuran HUT APEKSI ke-23

Advetorial

Bupati Kerinci Adirozal Hadiri Kenduri Sko 2 Desa Sungai Medang

Advetorial

Lanjutan Pembahasan Bapemperda DPRD Kota Sungai Penuh