Home / Advetorial / Daerah / Pemerintahan

Kamis, 2 Desember 2021 - 21:28 WIB

5 DESA WISATA DI JABAR, MASUK 50 BESAR ANUGERAH DESA WISATA INDONESIA 2021

koransakti - Penulis

KoranSakti.co.id, Cirebon- Desa Gegesik Kulon menyimpan potensi wisata dan kebudayaan lokal yang cukup beragam. Mulai seni rupa, seni tari (topeng), seni teater (ronggeng bugis, beberok, wayangan), seni musik (pelog, rampak kendang), dan seni sastra (macapat, pantun) menjadi daya tarik desa ini.
Tak hanya itu, sejumlah makanan khas pun seperti kue poci, pedesan entog, dodol manis hingga kerupuk melarat yang bercita rasa unik menjadi buruan para penikmat surga kuliner.

Oleh karena itu, tidaklah berlebihan jika Desa Gegesik Kulon masuk 50 besar desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.
“Insyaalloh tanggal 7 Desember akan diumumkan 10 besar, mudah-mudah Desa Gegesik Kulon termasuk salah satunya. Dan semua ini bisa berhasil, apabila ada dukungan dari provinsi, kabupaten, para seniman dan para budayawan, juga masyarakat”, ungkap Camat Gegesik, Indra Fitriani.

Baca juga :   Tim Penilaian Sertifikasi Prima Tiga Provinsi Jambi, Asropi : Prospek Produk Pertanian Organik Bagus

Sementara itu, Kepala DPMD Prov. Jabar, Dicky Saromi, menjelaskan mengapa Desa Gegesik Kulon masuk dalam 50 besar anugerah desa wisata terbaik. Karena seni dan budayanya larut dalam kehidupan masyarakat, dengan kata lain tiada hari lain tanpa seni budaya.
“Disini selalu ada kreativitas yang terus dilakukan, dan masyarakatnya sangat terbuka kepada siapa saja. Sehingga kalau ingin belajar seni dan menginap di kampung seni, datanglah ke Gegesik”, tegas Dicky Saromi.
Pada kesempatan tersebut, Dicky Saromi menyerahkan 13 (tigabelas) unit laptop hasil kerjasama dengan Shopee Center dan dacin/alat timbang bayi untuk posyandu dalam mendorong Desa Gegesik Kulon lebih kompak, agamis, toleransi, dan indah.
“Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat, khususnya perhatian dan dukungan yang sangat luar terhadap Desa Gegesik Kulon dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021”, ujar H. Imron Rosyadi, Bupati Cirebon.

Baca juga :   DPRD Kota Sungai Penuh Gelar Rapat Paripurna Masa Persidangan III

Selain menempatkan Desa Gegesik Kulon, terdapat 4 (empat) desa wisata lainnya dari Jabar yang masuk dalam daftar 50 besar desa wisata terbaik, yaitu Desa Wisata Cisande, Kab. Sukabumi, Desa Wisata Saung Ciburial (Sukalaksana) Kab. Garut, Desa Wisata Selasari, Kab. Pangandaran, dan Desa Wisata Alam Endah, Kab. Bandung mewakili Jabar pada ajang bergensi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021.(adv/dwi)

Berita ini 33 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Advetorial

DPRD Kota Sungai Penuh Terima Kunjungan Ketua DPRD Kota Solok & Rombongan

Daerah

Satu Dekade Kerinci Time, Media Online Pertama di Kerinci – Sungai Penuh

Advetorial

Bersama Menko PMK, Wako Ahmadi & Wawako Antos Hadiri Milad Muhammadiyah Ke-109

Advetorial

Rangkaian HUT Kota Sungai Penuh,Ketua DPRD,Fajran Ziarah ke Makam  H. Fauzi Siin.

Daerah

SMKN 2 Sungai Penuh Sambut Kunjungan LP3M UNP dan Wakil Direktur Vokasi Kementerian

Daerah

Pokja I TP-PKK Desa Tanjung Pauh Mudik Laksanakan Simulasi PKBN

Advetorial

Bupati Didampingi Kakanmenag Kerinci Melepas 121 Jemaah Calon Haji (JCH)

Advetorial

Selebgram Cindy Mayang Charizma Instagramnya DiHack, Pengacara Teguh Margono Minta Polisi Tangkap Pelaku