Home / Daerah / Pemerintahan

Senin, 13 Desember 2021 - 22:13 WIB

Bimtek Siskeudes Se Kota Sungai Penuh Disinyalir Jadi Ajang Bisnis Lembaga Mahatara.

koransakti - Penulis

KoranSakti.co.id, SungaiPenuh,Jambi – Pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) berbasis aplikasi sistim keuangan Desa  (Siskeudes) versi 2.0.4 yang diikuti oleh pemerintah desa se-kota Sungai Penuh yang disenggelarakan di Hotel Abadi Grand di kota Jambi baru – baru ini menjadi polemik dan disorot oleh berbagai kalangan, mulai dari kalangan media hingga peserta bimtek itu sendiri.

Sebab agenda Bimtek yang dianggap penting itu dinilai tidak efektif, tidak transparan hingga disinyalir hanyalah pemborosan anggaran serta diduga sebagai ajang bisnis oleh penyelenggara yaitu Lembaga Mahatara.

Berbagai persoalan ditengah berlangsungnya Bimtek terus mencuat. Mulai dari keluhan peserta Bimtek hingga legalitas Lembaga juga dipertanyakan.

Baca juga :   Maksimalkan Tugas dan Fungsi Bapemperda DPRD Sungai Penuh Kunker Ke DPRD Padang

Bukan hanya itu, akreditasi dan website Lembaga Mahatara juga patut dipertanyakan. Selain itu, jumlah hari kegiatan agenda Bimtek disinyalir dimanipulasi oleh penyelenggara.

“Iya, dari sekian banyak, salah satunya kami akan mempertanyakan legalitas Lembaga Mahatara, dan kami menduga ini hanyalah ajang bisnis, dan kami dapat informasi lembaga ini baru saja berdiri, belum ada jam terbang,” ungkap sumber seperti dilansir indonesiasatu.co.id, Senin (13/12/2021).

Untuk diketahui, Keuangan dan Penatausahaan Keuangan Desa Berbasis Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) versi 2.0.4 se-kota Sungai Penuh diselenggarakan mulai tanggal 10 hingga 13 Desember 2021. Namun kegiatan hanya dilaksanakan dua hari.

Baca juga :   Bupati Adirozal Ikuti Sepeda Santai Bersama Ribuan ASN dan Masyarakat Kerinci

Dengan ditetapkannya Permendagri No. 20/2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa sebagai Perubahan Permendagri No. 113/2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, mengakibatkan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes versi 2.0.4) yang akan diimplementasikan oleh desa – desa se-kota Sungai Penuh harus melakukan penyesuaian menu, konten dan fitur fiturnya.

Sebagai langkah awal penyesuaian dan penyempurnaan Aplikasi Siskeudes versi 2.0.3 ke versi 2.0.4 untuk tahun 2022.  Bimbingan teknis (Bimtek) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan aparatur desa dalam mempergunakan Aplikasi Siskeudes terbaru yakni versi 2.0.4. (red)

Berita ini 62 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Daerah

“POLICE GO TO SCHOOL” SMKN2 Sungai Penuh

Advetorial

Wako Ahmadi Kukuhkan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS)

Kerinci

Popo Barbie Tiktoker Nekad Melakukan Masturbasi Dengan Maniken Dan Disebar Ke Medsos Akhirnya Ditangkap Polisi

Sungai Penuh

Sungai Penuh Kehilangan Putra Terbaik, Selamat Jalan Bung Syafriadi 

Advetorial

Wako Ahmadi Dinobatkan Sebagai Depati Batuah Pagar Negeri

Daerah

HUT RI Ke-77, Yang Bernama “AGUS” Bintang Kerinci Hotel Beri Paket Nginap Gratis

Daerah

PWI Kota Bogor Buka Posko Bencana, Galang Donasi Peduli Kemanusiaan

Advetorial

Pekan Sehat PT Timah Tbk Bakal Hadir di Toboali, Simak Ini Jadwal dan Lokasinya