Home / Uncategorized

Kamis, 22 Februari 2024 - 18:34 WIB

Diduga Rekapitulasi Suara di  Kecamatan Gunung Raya Terjadi Kecurangan

koransakti - Penulis

Koran Sakti.co.id, Kerinci- Mencuat dugaan kecurangan terstruktur di Kecamatan Gunung Raya Kabupaten Kerinci, hal tersebut diketahui saat pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi Suara ditingkat PPK.

Informasi yang diperoleh, pada hari pertama Pleno PPK Kecamatan Gunung Raya, Minggu 18 Februari 2024 kejanggalan di C Pleno bekas tipe-x suara Caleg DPRD dapil 5 Partai PPP dengan nama Bir Ali.

Namun, kejanggalan tidak hanya sampai disitu, saksi pun mendapatkan hal yang sama pada Rapat pleno Rekapitulasi, Rabu (21/2/2024) malam, dimana di perolehan suara Caleg PPP Bir Ali ditemukan Tipe X. Kondisi ini menjadi pertanyaan dari saksi dan warga yang melihat proses rapat Pleno rekapitulasi suara ditingkat kecamatan Gunung Raya.

Baca juga :   MTQ Tk. Kec. Tanco, Rifdy : Besar Manfaat Yang Kita Dapat Dari Mengamalkan Al-Qur’an

Novan saksi partai yang mengikuti rapat pleno tingkat Kecamatan Gunung Raya, mengatakan bahwa kuat dugaan adanya pergeseran suara caleg lain ke Caleg DPRD Kerinci dari PPP yang bernama Bir Ali. “Kecurangan terstruktur terjadi, mereka merencanakan namun terlalu ceroboh, sekarang nampak sekali kecurangan merubah hasil pemilu,”ungkap Novan.

Dia menyebutkan bahwa C Hasil dari TPS di kecamatan Gunung Raya, yang memiliki bekas Tipe X pada perolehan hasil Caleg PPP Bir Ali saja. Kuat dugaan ada keterlibatan penyelenggara dalam dugaan kecurangan di kecamatan Gunung Raya. ”Masa bekas Tipe X di suara Caleg PPP Bir Ali terjadi berkali-kali, disini bisa dilihat kecurangan Pemilu. Informasi pengakuan PPS di beberapa wilayah Desa Kecamatan Gunung Raya masih ada bekas Tipe X di suara Caleg Bir Ali,”tambahnya.

Baca juga :   Akun Palsu Dahkir Yahya Beredar di Medsos, Dahkir Yahya : Itu Akun Palsu

Karena tidak terima dengan hanya di peroleh suara Caleg PPP nomor urut 1 yang ditipe X, pihaknya tuangkan dalam formulir D kejadian khususnya. “Semoga KPU dan Bawaslu Kerinci untuk dapat bertindak dalam dugaan kecurangan tersebut,”harapnya.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Kerinci, Chintiya Albert Siin mengatakan bahwa pihaknya telah menelusuri ke tingkat bawah, jika ditemukan keberatan saksi silahkan sampaikan data yang benar dan dituangkan dalam formulir kejadian khusus.

“Kalau memang ada keterlibatan penyelenggara silahkan laporkan ke Bawaslu Kerinci untuk kita tindak lanjutinya,”pungkasnya. **

Berita ini 119 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Nasional

Inovasi Elisitor Biosaka Jadi Sorotan Utama pada Pekan Nasional Tani Nelayan XVI 

Advetorial

Warga Sempan Terima Bantuan Kursi Roda dari PT Timah Tbk  

Uncategorized

Selamat & Sukses

Uncategorized

LSM Fakta Gelar Aksi Damai di Kejari Sungai Penuh

Jakarta

Relawan Al Maun minta KPK dan Kejaksaan RI Memeriksa OJK Terkait Perijinan Pengelolan Pinjaman Online

Uncategorized

Tokoh Adat Pondok Tinggi Silaturahmi dengan Kapolres Kerinci

Uncategorized

Disinyalir Kepsek SDN 110/111 Sungai Medang  Selewengkan Dana Bos

Kerinci

Diduga Korupsi Dana Hibah Pengurus KONI Kerinci Dipolisikan