Home / Daerah / Pemerintahan

Minggu, 28 November 2021 - 15:46 WIB

DUA KABUPATEN DI JABAR, GELAR PILKADES SERENTAK

koransakti - Penulis

KoranSakti.co.id, NGAMPRAH – Kembali pilkades serentak di Jabar digelar secara bersamaan di 2 (dua) kabupaten yang berbeda, yaitu Kab. Kuningan dan Kab. Bandung Barat.

Berdasarkan data yang diperoleh, pilkades di Kab. Bandung Barat diikuti 171 kontestan yang akan berebut kursi kepala desa di 41 Desa yang tersebar di 14 Kecamatan dengan jumlah pemilih tetap sebanyak 275.114 orang.

Untuk kelancaran dan kesuksesan gelar pilkades hari ini, 614 Tempat Pemungutan Suara (TPS) telah didirikan, dan masing-masing TPS dipersyaratkan menampung maksimal 500 pemilih sesuai aturan pilkades serentak selama masa pandemi.

Terkait banyaknya jumlah calon kepala desa di Kab. Bandung Barat, Hengky Kurniawan (Plt. Bupati Bandung Barat) menegaskan bahwa sudah dilakukan seleksi secara ketat, dan sejauh ini tidak memunculkan rasa ketidakpuasan dari calon yang tidak lulus.

Baca juga :   Papa Zidan Viral Humor "Matematika Mudah" Ditiktok Sampai 7 Juta Viewers

“Secara intens Pemkab Bandung Barat telah berkoordinasi dengan pihak keamanan untuk menjaga kondusifitas, khususnya pada saat pelaksanaan pilkades hari ini”, tegas Hengky lagi.

“Kami akan melakukan tindakan tegas terhadap siapa saja yang akan mengganggu jalannya pilkades”, ujar Kapolres Cimahi wilayah tugasnya mencakup Bandung Barat.Sementara itu, pilkades serentak di Kab. Kuningan digelar di 406 TPS yang berada di 78 Desa di 39 wilayah kecamatan, 159.179 pemilih tetap yang akan menentukan 215 calon kepala desa.

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, menuturkan bahwa berdasarkan gender, tercatat 187 Laki-laki dan 28 perempuan yang menjadi calon kepala desa. Sementara menurut jenjang pendidikan calon kepala desa, terdapat 30 lulusan SMP, 131 lulusan SMA, 8 lulusan Diploma, 36 lulusan S.1, 9 lulusan S.2, dan 1 orang lulusan S.3.

Baca juga :   Sekda Zainal Efendi Lantik Dewan Hakim dan Panitera MTQ Ke-51 Kabupaten Kerinci

Dalam pantauan pilkades di Kab. Kuningan yang dilakukan oleh Kabid Bina Desa, Asep Nandang Rasadi, bahwa Pemkab Kuningan menyediakan gerai-gerai vaksin di tempat-tempat pemungutan suara.

“Atas nama Pemprov Jabar, kami sangat mengapresiasi adanya gerai vaksin di tempat-tempat pemungutan suara”, papar Asep Nandang Rasadi.

Hadir pada acara video conference pelaksanaan pilkades serentak di Kab. Bandung Barat, antara lain Bupati Bandung Barat, Kapolres Cimahi, Dandim 0609, jajaran Forkopimda, Sekda Kab. Bandung Barat, Sekretaris DPMD Prov. Jabar, Kepala DPMD Kab. Bandung Barat, Camat Ngamprah, dan tentunya juga Tim Pemantau Pilkades dari Dirjen Bina Pemdes Kemendagri.(dwi)

Berita ini 13 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Daerah

LaNyalla Mattalitti: Presiden Jokowi Harus Mendorong dan Membantu UMKM Berinovasi

Daerah

Bertahan di Tengah Badai

Daerah

Dua Artis Sinetron dan Ketum Partai UKM Indonesia Ucapkan Selamat Ultah ke 30 Fera Frawati ‘Vero’

Daerah

Jalan Nasional Kerinci – Bangko Rusak, Warga Minta Perhatian Pemkab Kerinci

Advetorial

Wako Dorong Kaum Wanita Tumbuhkan Kreatifitas & Produktivitas

Kerinci

Polisi Bekuk Pengedar Narkoba

Advetorial

Dinas PUPR Kerinci Menggelar Pelatihan Pembekalan dan Uji Sertifikasi TKK

Bencana

Kapolsek Sitinjau Laut Pimpin Apel Siaga Bencana Banjir