Home / Daerah / Pemerintahan

Minggu, 28 November 2021 - 15:46 WIB

DUA KABUPATEN DI JABAR, GELAR PILKADES SERENTAK

koransakti - Penulis

KoranSakti.co.id, NGAMPRAH – Kembali pilkades serentak di Jabar digelar secara bersamaan di 2 (dua) kabupaten yang berbeda, yaitu Kab. Kuningan dan Kab. Bandung Barat.

Berdasarkan data yang diperoleh, pilkades di Kab. Bandung Barat diikuti 171 kontestan yang akan berebut kursi kepala desa di 41 Desa yang tersebar di 14 Kecamatan dengan jumlah pemilih tetap sebanyak 275.114 orang.

Untuk kelancaran dan kesuksesan gelar pilkades hari ini, 614 Tempat Pemungutan Suara (TPS) telah didirikan, dan masing-masing TPS dipersyaratkan menampung maksimal 500 pemilih sesuai aturan pilkades serentak selama masa pandemi.

Terkait banyaknya jumlah calon kepala desa di Kab. Bandung Barat, Hengky Kurniawan (Plt. Bupati Bandung Barat) menegaskan bahwa sudah dilakukan seleksi secara ketat, dan sejauh ini tidak memunculkan rasa ketidakpuasan dari calon yang tidak lulus.

Baca juga :   Polres Kerinci Gelar Vaksinasi Massal Di Halaman Parkir Makam Pahlawan Bhakti Semumu

“Secara intens Pemkab Bandung Barat telah berkoordinasi dengan pihak keamanan untuk menjaga kondusifitas, khususnya pada saat pelaksanaan pilkades hari ini”, tegas Hengky lagi.

“Kami akan melakukan tindakan tegas terhadap siapa saja yang akan mengganggu jalannya pilkades”, ujar Kapolres Cimahi wilayah tugasnya mencakup Bandung Barat.Sementara itu, pilkades serentak di Kab. Kuningan digelar di 406 TPS yang berada di 78 Desa di 39 wilayah kecamatan, 159.179 pemilih tetap yang akan menentukan 215 calon kepala desa.

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, menuturkan bahwa berdasarkan gender, tercatat 187 Laki-laki dan 28 perempuan yang menjadi calon kepala desa. Sementara menurut jenjang pendidikan calon kepala desa, terdapat 30 lulusan SMP, 131 lulusan SMA, 8 lulusan Diploma, 36 lulusan S.1, 9 lulusan S.2, dan 1 orang lulusan S.3.

Baca juga :   Ini Pesan Kajati Kepulauan Bangka Belitung Daru Tri Sadono Kepada KBO Babel

Dalam pantauan pilkades di Kab. Kuningan yang dilakukan oleh Kabid Bina Desa, Asep Nandang Rasadi, bahwa Pemkab Kuningan menyediakan gerai-gerai vaksin di tempat-tempat pemungutan suara.

“Atas nama Pemprov Jabar, kami sangat mengapresiasi adanya gerai vaksin di tempat-tempat pemungutan suara”, papar Asep Nandang Rasadi.

Hadir pada acara video conference pelaksanaan pilkades serentak di Kab. Bandung Barat, antara lain Bupati Bandung Barat, Kapolres Cimahi, Dandim 0609, jajaran Forkopimda, Sekda Kab. Bandung Barat, Sekretaris DPMD Prov. Jabar, Kepala DPMD Kab. Bandung Barat, Camat Ngamprah, dan tentunya juga Tim Pemantau Pilkades dari Dirjen Bina Pemdes Kemendagri.(dwi)

Berita ini 13 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Daerah

Cegah Stunting, Kecamatan Pondok Tinggi Menggelar Minilok Lintas Sektor

Advetorial

Wako Ahmadi : Kita Wujudkan Jambi Mantap & Kota Sungai penuh Berkeadilan

Advetorial

H. Fajran Hadiri Rapat Konsolidasi dan Halal Bi Halal DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi

Advetorial

Pemkot Sungai Penuh Peringati Hari OTDA Ke 27 dan Hardiknas Tahun 2023

Advetorial

Pemkot Sungai Penuh Gelar Upacara HARKITNAS Ke 115 Tahun 2023

Advetorial

Tokoh Masyarakat : Fadli Sudria Legislator Tegas, Unik Tapi Menarik

Jambi

Bahas Program Kerja dan Persiapan Porwanas di Malang, SIWO PWI Provinsi Jambi Gelar Rapat

Daerah

Ilham Kurniawan Resmi Dilantik Menjadi Kades Dusun Baru Pulau Tengah, Kerinci