Home / Advetorial / Daerah / Pendidikan

Kamis, 25 November 2021 - 13:54 WIB

Rektor IAIN Kerinci, Dr. Asa’ari, M.Ag.Lantik 738 Wisudawan/Ti

koransakti - Penulis

KoranSakti.co.id, Kerinci- Rektor Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Kerinci, Dr. Asa’ari, M.Ag. melantik 738 orang wisudawan-wisudawati. Jumlah tersebut tercatat berdasar Surat Keputusan (SK) Rektor nomor 432 Tahun 2021, diantaranya 672 orang dari Program Sarjana (S1) dan 66 Orang dari Program Pascasarjana (S2) dari masing-masing Program Studi (Prodi) yang ada di IAIN Kerinci, dengan rincian,Hukum Keluarga Islam  sebanyak 33 orang, Hukum Ekonomi Syari’ah 51 orang, Pendidikan Agama Islam 90 orang, Manajemen Pendidikan Islam 26 orang, Pendidikan Bahasa Arab 21 orang,Tadris Bahasa Inggris 42 orang,Tadris Biologi 116 orang, Tadris Matematika 42 orang,Tadris Biologi 116 orang, Tadris Matematika 42 orang, Bimbingan Konseling Pendidikan Islam 25 orang, Perbangkan Syari’ah 129 orang,Ekonomi Syari’ah 73 orang, Manajemen Dakwah 18 orang,Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 6 orang, dan Program Pascasarjana Pendidikan Agama Islam sebanyak 66 orang.

  • Walaupun acara digelar secara virtual,Kamis (25/11) bertempat di halaman Rektorat Kampus Utama, Sungai Liuk Kerinci dengan  menghadirkan sebanyak 14 orang peserta wisuda sebagai perwakilan masing-masing fakultas tersebut berjalan lancar dan khidmat.
Baca juga :   Target Menang ! DPC Partai Demokrat Kota Sungai Penuh Gelar Silaturahmi & Konsolidasi

Rektor IAIN Kerinci, Dr.Asa’ari.M.Ag dalam sambutannya mengatakan,mahasiswa harus memiliki sikap moderasi beragama yang menjadi identitas kultural kampus demi terwujudnya insan akademik institusi yang memiliki pemahaman paripurna tentang prinsip-prinsip beragama, bermasyarkat, dan bernegara.

“Muara akhirnya, yakni peningkatkan soft skill mahasiswa dan alumni, khusus pusat moderasi beragama, tentu arahnya membantu insan-insan kampus yang moderat, yang paham prinsip-prinsip kehidupan beragama, bernegara, berbangsa dan bermasyarakat dalam negara yang majemuk ini”, papar Rektor

Selain itu, Asa’ari berpesan kepada mahasiswa untuk siap menghadapi era disrupsi digital yang sedang berkembang kedepan. Mahasiswa diharapnya mampu memahami dan menyesuaikan diri dengan cepat kemajuan teknologi dan informasi yang berkembang namun tetap dalam kerangka karakter dan akhlak Islami.

“Menghadapi era disruption ini, ada tiga kunci sukses yang harus saudara kuasai, yaitu critical thinking, komunikatif, kreatif, inovatif, kolaboratif, mampu bekerja sama, kemampuan literasi, moderasi beragama, dan literasi teknologi informasi, dan yang paling utama saudara harus mampu menampilkan karakter dan akhlak yang mulia dimanapun berada,” harapnya.Dalam kesempatan itu turut hadir Guru Besar Universitas Islam Negeri Syarif Sultan Kasim Riau, Prof. Dr. Sudirman M Johan, M.A. sekaligus  menyampaikan orasi ilmiahnya, tentang kesadaran institusi lembaga pendidikan tinggi untuk menciptakan iklim ilmiah kampus yang muaranya menghasilkan produk manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

Baca juga :   Terdakwa Bebas Murni, Pengacara Mendorong JPU Untuk Kasasi

“Kita bisa melihat beberapa lembaga perguruan tinggi, itu ada beberapa hal yang sangat penting, yang pertama merupakan sentra pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang kedua adalah perlu meningkatkan sumber daya manusia, kemudian meningkatkan etos keilmuan dan budaya kerja”paparnya

Prosesi pelantikan wisuda IAIN Kerinci ke-5 tahun 2021 ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dan seluruh yang hadir telah melakukan uji cepat Covid-19 serta vaksinasi.(adv/red)

Berita ini 54 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Advetorial

Adirozal Dampingi Gubernur Jambi Alharis Dalam Apel Siaga Bencana Erupsi Gunung Kerinci

Advetorial

Pemkot Sungai Penuh Gelar Sosialisasi Peran Perempuan dalam Pembangunan

Advetorial

Pemkab Kerinci Gelar Syukuran Menempati Kantor Baru Bupati Kerinci

Advetorial

Wawako Antos Hadiri Pembukaan Gubernur Cup Sepakbola 2023

Advetorial

Bupati Kerinci Adirozal Pimpin Upacara Peringatan HUT RI Ke- 77

Advetorial

17 Kepala Desa Terpilih Periode 2023-2029 Dilantik

Advetorial

RSUD Mayjen HA Thalib Terima Kunjungan Tim Survei Akreditasi RS Jambi

Daerah

Majelis Taklim Binaan TP-PKK Desa Pancuran Tiga Tampil Di Salah Satu Program TV