Home / Advetorial / Bandung / Pemerintahan

Sabtu, 12 Februari 2022 - 16:47 WIB

Desa Digital Permudah Pengembangan Ekonomi Desa

koransakti - Penulis

KoranSakti.co.id, Bandung Barat – Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri Yusharto Huntoyungo melakukan kunjungan kerja ke Desa wisata Gunung Masigit, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu, 12 Februari 2022. Yusharto meninjau tempat wisata yang menerapkan smart village.

Menurut Yusharto proses digitalisasi ini mempermudah pengecekan data pengunjung tempat wisata, termasuk Wisata Stone Garden, Desa Gunung Masigit.

Dalam wisata Stone Garden sudah diterapkan ke dalam sistem tiketing. Dengan penerapan transaksi berlaku sistem cashless dan paperless.

Yusharto mengatakan melalui sistem digital ini adanya kejelasan data yang nantinya bisa memudahkan untuk pengambilan keputusan bagi pemegang regulasi dalam hal ini pemerintah. Pendataan sistem digitalisasi ini, juga bisa membantu dalam anggaran.

Baca juga :   Terdakwa Bebas Murni, Pengacara Mendorong JPU Untuk Kasasi

Yusharto menegaskan tidak perlu menunggu waktu untuk pengembangan teknologi, tapi harus melakukan terobosan demi mempercepat layanan dan meningkatkan akuntabilitas. Selain itu, proses digitalisasi di desa bisa menumbuhkan potensi UMKM yang ada di desa.

“Untuk menyelesaikan masalah di masyarakat, digitalisasi bukan lagi pilihan tapi sudah menjadi keharusan,” tegas Yuaharto.

Yasharto berharap 165 Desa di Kabupaten Bandung Barat bisa semua terdigitalisasi. Menurut Yusharto, Bina pemdes Kemendagri, siap membantu sebagai jembatan menyelesaikan masalah dan mencari solusi melalui command center.

Baca juga :   Koni Kerinci Kembali Menyerahkan Bonus Atlet dan Pelatih 

Transformasi digital yang dilakukan oleh Desa Gunung Masigit tidak lepas dari kerjasama dengan PT Telkom. Penerapan wisata di Stone Garden menetapkan protokol kesehatan yang ketat.

Turut hadir mewakili Bupati Kabupaten Bandung Barat, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Imam Santoso, Kepala Bidang Kelembagaan & Partisipasi Pemberdayaan Masyarakat DPMD Provinsi Jabar Lisa Afianti.(adv/dwi)

Berita ini 23 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Advetorial

Sekda Alpian Hadiri Apel dan Syukuran HUT Bayangkara Ke-78

Advetorial

Wako Ahmadi Lantik 126 Pejabat Fungsional Lingkup Pemkot Sungai Penuh

Advetorial

Pemkot Sungai Terima alat PCR Pemprov Jambi

Advetorial

Wako Ahmadi Beri Bantuan Korban Kebakaran Desa Baru Debai & Dujung Sakti

Kerinci

Sekda Kerinci Zainal Efendi Pimpin Upacara Peringatan HUT Korpri ke-52 Tahun 2023

Advetorial

Wako Ahmadi Buka Secara Resmi Dialog Terbuka Kajian Tindak Lanjut Masalah Sampah

Advetorial

Target Menang ! DPC Partai Demokrat Kota Sungai Penuh Gelar Silaturahmi & Konsolidasi

Advetorial

Wako Ahmadi & Wawako Antos Tinjau Pelaksanaan Pilkades