Home / Advetorial / Pemerintahan / Sungai Penuh

Selasa, 7 November 2023 - 16:14 WIB

Dinas PUPR Kota Sungai Penuh Ciptakan Ruang Wilayah Yang Aman, Nyaman, Produktif & Berkelanjutan

koransakti - Penulis

Koransakti.co.id, Sungai Penuh – Guna mewujudkan Kota sungai Penuh Maju dan Berkeadilan tentu peranan pemerintah, Instansi terkait serta masyarakat adalah sebagai pemicu yang sangat penting.

Sebagai daerah otonom yang baru, Kota Sungai Penuh juga banyak melakukan pembangunan infrastruktur untuk mendukung konektivitas dan meningkatkan daya saing wilayah.

Maka Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Sungai Penuh sangat penting dan terus berupaya dalam pemerataan peningkatan sarana dan prasarana wilayah dan prasarana dasar permukiman dalam mewujudkan Kota Sungai Penuh menjadi Kota Pendidikan, Berbasis Ekonomi Kerakyatan yang Mandiri, Masyarakat yang Religius, Berbudaya dan Sejahtera dengan slogan “ Maju dan Berkeadilan “. Berkaitan dengan Misi Kota Sungai Penuh.

Diketahui bahwa,Dinas Pekerjaan Umum Terdiri dari 4 (empat) Bidang dan 1 (Satu) UPTD Perlengkapan dan Perbengkelan. Sebagai berikut :

1. BIDANG TATA RUANG
Trotoar sebagai wajah Kota Sungai Penuh, bahwa dalam rangka mewujudkan salah satu program Bapak Walikota Sungai Penuh yaitu wajah kota, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Sungai Penuh melalui Bidang Tata Ruang melaksanakan kegiatan Rehabilitasi Trotoar (Pedestrian) di beberapa jalan yang berada di pusat Kota Sungai Penuh.

Pada tahun 2023 ini Dinas PUPR Kota Sungai Penuh memulai dengan Rehabilitasi Trotoar (pedestrian) yang di bangun di Jalan Sudirman, Jalan A Yani, Jalan Muradi, Jalan Imam Bonjol dan Jalan Diponegoro dengan Konsep pedestrian Modern yaitu Pembangunan trotoar dan drainase yang terlihat berkelas dan memiliki rasa seni serta tatanan dan wujud trotoar Kota yang memanjakan mata untuk kemudahan masyarakat mengakses pejakan kaki.

2. BIDANG SUMBER DAYA AIR
Sungai adalah aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara).

Dikota Sungai penuh terdapat banyak aliran Sungai. Ada beberapa hal yang menarik dari aliran Sungai di Kota Sungai penuh yaitu kebanyakan sungai yang berhulukan dari Daerah Kabupaten Kerinci namun melewati Kota Sungai Penuh dan bermuara kembali pada daerah Kabupaten Kerinci. Sungai juga merupakan sumber bencana apabila tidak diperhatikan dengan baik dan dilaksanakan pemeliharaan.

Baca juga :   Tolak Tandatangani Piagam Kejuaran Oreon Cup 1, Ini Alasan Kadisdik Kota Sungai Penuh

Dalam pelaksanaan pemeliharaan Sungai ada beberapa kegiatan yang di laksanakan oleh Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Sungai Penuh yaitu Normalisasi dan membentuk SATGAS Sungai, Pelaksanaan Normalisasi Sungai, Pelaksanaan Kegiatan Satgas Sungai.
Tidak sampai disitu saja namun bidang sumber daya air juga melaksanakan Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sebagai wujud dari kemanunggalan TNI dan Rakyat dalam bentuk operasi bhakti yang dilaksanakan bersama-sama seluruh komponen masyarakat termasuk Pemerintah Daerah.

3. BIDANG BINA MARGA
Pemerintah Kota melalui Dinas Pekerjaan umum dan penataan ruang kota sungai penuh berupaya melakukan pemerliharaan, perbaikan dan peningkatan fungsi serta kualitas jalan yang ada di Kota Sungai Penuh.

Berbagai program kegiatan dalam rangka membangun sistem dan sarana jalan yang memadai telah dan akan terus ditingkatkan sebagai salah satu perwujudan dari implementasi visi Kota Sungai Penuh yang Maju dan berkeadilan.

Pada tahun 2023 ini, Dinas PUPR Kota Sungai Penuh sedang membangun dan merehabilitasi lebih dari 28 ruas jalan Kota, 4 jembatan dan 7 box culvert sebagai upaya peningkatan konektivitas, memperkuat daya saing infrastruktur, dan mempercepat pembangunan transportasi yang mendorong penguatan ekonomi daerah.

Penataan Tata Ruas Jalan

Pembangunan dan Rehabilitasi Jalan, Jembatan dan box culvert tersebut merupakan target pemerintah serta usulan dari masyarakat setempat melalui desa, kecamatan dan DPRD yang diajukan kepada Dinas PUPR dengan mempertimbangkan kondisi wilayah, sosial, ekonomi, potensi wilayah, dan kesesuaian lokasi, manfaat, dan urgensi pembangunan.
Diantara bentuk kegiatan rehabilitasi jalan yang dilaksanakan melalui Program CSR di tahun 2023 yaitu hasil kerjasama dengan PT. Kerinci Merangin Hidro yang melakukan pelaksanaan rekonstruksi Jalan H. Fauzi sin yang sudah diselesaikan sepanjang 100 meter dan Jalan H. Bakri yang sampai saat ini masih dalam proses pelaksanaan.

4. BIDANG CIPTA KARYA DAN JASA KONSTRUKSI
Pembangunan Anjungan Kota Sungai Penuh Tahun 2023, Rumah-rumah adat di Indonesia memiliki bentuk dan arsitektur masing-masing Daerah sesuai dengan budaya adat lokal. Rumah adat pada umumnya dihiasi ukiran-ukiran indah.

Baca juga :   Forum Kota Sehat Kota Sungai Penuh Resmi Dikukuhkan

Pada jaman dulu, rumah adat yang tampak paling indah biasa dimiliki oleh para keluarga kerajaan atau ketua adat setempat menggunakan kayu-kayu pilihan dan pengerjaannya dilakukan secara tradisional melibatkan tenaga ahli dibidangnya. Banyak rumah-rumah adat yang saat ini masih berdiri kokoh dan sengaja dipertahankan dan dilestarikan sebagai simbol budaya Indonesia.

5. UPTD PERLENGKAPAN dan PERBENGKELAN

Laboratorium Teknik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang adalah bagian dari UPTD Perlengkapan dan Perbengkelan yang mendukung tupoksi dari dinas pekerjaan umum dan penataan ruang Kota Sungai Penuh antara lain :

a. Laboratorium Aspal :
Melaksanakan pengujian, penelitian dan Pelayanan Edukasi mengenai material campuran aspal diantaranya agregat dan Aspal yang di gunakan dalam konstruksi jalan serta pengendalian mutu pekerjaan yang berhubungan dengan Aspal dan campuran aspal.

b. Laboratorium Beton :
Melaksanakan pengujian, penelitian dan Pelayanan Edukasi mengenai material campuran Beton diantaranya agregat, sement, air (untuk campuran beton) dan bahan-bahan lainnya untuk campuran beton yang di gunakan dalam konstruksi bangunan (jalan, gedung, dll) serta melakukan pengendalian mutu pekerjaan konstruksi beton.

c. Laboratorium Tanah :
Melaksanakan pengujian, penelitian dan Pelayanan Edukasi dalam Bidang Geoteknik seperti pengujian tanah di bawah konstruksi bangunan, serta melakukan pengendalian mutu pekerjaan konstruksi diantaranya Lapis pondasi jalan (Kelas A, Kelas B dll)

d. Laboratorium Survey :
Melakukan Survey Pengukuran Terestris dan pengukuran geodetic (Statik dan RTK) untuk keperluan konstruksi bangunan, perencanaan dan Pemetaan Wilayah.

Kepala Dinas PUPR Kota Sungai Penuh Khalik Munawar. SE, ST. M.Si mengatakan bahwa, Dinas PUPR Sebagai pelaksana amanat Undang-Undang No 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang yaitu untuk mewujudkan ruang wilayah yang aman, nyaman, produktif, dan berkelanjutan.

” Dinas PUPR adalah pelaksana amanat undang-undang nomor 26 tahun 2007 tentang penataan ruang, oleh sebab itu Dinas PUPR terus berupaya mencari terobosan Untuk mewujudkan Kota Sungai Penuh Menjadi Kota Pendidikan, Berbasis Ekonomi Kerakyatan yang Mandiri, Masyarakat yang Religius, Berbudaya dan Sejahtera dengan slogan “ Maju dan Berkeadilan “. Berkaitan dengan Misi Kota Sungai Penuh tersebut ” jelas kadis. (Emi)

Berita ini 531 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Advetorial

Wako Ahmadi Terima Kunjungan BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi

Dinamika

Melihat Sosok Mardizal Wartawan Memotivasi Petani Menggunakan  Pupuk Organik Untuk Meningkat Kesuburan Tanah dan Hasil Produksi 

Advetorial

Wako Ahmadi dan Wawako Antos Hadiri Pembukaan Gubernur Cup

Advetorial

Dandim 0417 Kerinci Silahturahmi ke DPRD Sungai penuh

Advetorial

KOMEDIAN PAPA ZIDAN PEMILIK AKUN @papazidan3 JADI BINTANG TAMU DI ACARA “LAPOR PAK” TRANS7

Advetorial

Bupati Kerinci Tanda Tangani MOU Kerjasama Dengan UT

Advetorial

Peserta PBI Kartu Indonesia Sehat Tidak Perlu Membayar,  Iuran Di Bayar Pemerintah

Advetorial

RW 26 Cibereum, Cimahi Selatan Gelar Sunatan Massal