Home / Advetorial / Pemerintahan

Senin, 4 Maret 2024 - 16:43 WIB

Gerakan Tanam Cabai Serentak dalam Rangka Peringati HKG PKK Ke 52 Tahun 2024

koransakti - Penulis

Pj.Bupati Kerinci, Asraf : Gerakan Tanam Cabe sebagai upaya menekan angka inflasi

Koran Sakti.co.id,Kerinci- Dalam rangka peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG PKK) ke 52 Tahun 2024, Pj Bupati Kerinci, Asraf, Ketua TP PKK melakukan gerakan tanam cabai serentak pada Senin, 4 Maret 2024.

Gerakan tanam cabai serentak yang dilakukan secara serentak oleh Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga ( TP PKK) se Indonesia ini, untuk Kabupaten Kerinci bertempat di kebun PKK Dusun Baru Pulau Tengah, Kecamatan Keliling Danau, Kabupaten Kerinci.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Kerinci, Nurhayati Asraf, seluruh OPD, Camat, Kades serta  TP PKK dalam wilayah Kabupaten Kerinci.

Pj Bupati Kerinci, Asraf, dalam sambutannya menjelaskan, bahwa gerakan tanam cabai yang dilaksanakan serentak hari ini di seluruh Indonesia termasuk di Kerinci yang lokasinya di kebun PKK Dusun Baru Pulau Tengah ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam  mengatasi gejolak harga cabai di pasar sekaligus sebagai upaya menekan angka inflasi khususnya di Kerinci, karena cabai salah satu komoditas yang kerap berdampak pada inflasi.

Baca juga :   Penghargaan Pengabdian Guru Nasional Di Serahkan Pada Acara HUT PGRI

“Kita berharap ini bukan seremonial saja, oleh karena itu kami minta Camat di setiap Kecamatan mencari satu lokasi Desa, untuk dijadikan kegiatan menanam cabe yang nantinya bisa menggunakan Dana Desa yang 20 persennya untuk ketahanan pangan, harapannya setelah gerakan ini, kedepannya inflasi di Kerinci terus membaik” ujar BupatiDitambahkannya bahwa Pemerintah Daerah terus berupaya menyusun langkah-langkah strategis dalam mencegah dan mengendalikan dampak inflasi di Kabupaten Kerinci diantaranya dengan sinergi dan inovasi menjaga stabilisasi harga dan mewujudkan ketahanan pangan.

“Masalah inflasi merupakan masalah global, untuk mengahadapi inflasi ini butuh kreatifitas termasuk di daerah, setidaknya masyarakat dapat menaman untuk kebutuhan sehari hari seperti cabai, bawang dan lain-lain,” jelasnya.

Baca juga :   Wakili Pemkot Sungai Penuh, Kadis PUPR Terima Jalan Rabat Beton dari PT KMH

Menurut Asraf, gerakan tanam cabai dengan memanfaatkan lahan atau pekarangan rumah agar masyarakat bisa memenuhi sendiri kebutuhan cabai secara mandiri dan berdampak pada upaya menekan inflasi di Kerinci.

“Saya berharap masyarakat, khususnya petani dapat membiasakan yang baik-baik dengan memanfaatkan potensi daerah kita yang kaya dan subur dari hal-hal kecil saja misal menaman cabai dipolybag di halaman rumah,” ujarnya.

“Mari kita sambut dengan baik, dan ini termasuk program di Ketahanan Pangan. Kegiatan seperti ini, tentunya tidak bisa mengandalkan hanya PKK saja, akan tetapi juga perlu kerjasama dan dukungan seluruh OPD terkait dan Camat serta Desa,” pungkasnya. (Emi)

Berita ini 55 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Advetorial

Wako Ahmadi Buka Secara Resmi Lomba Jenjang SD/MI & SMP/MTs

Daerah

FGD PENGEMBANGAN INOVASI DESA

Advetorial

DPRD Kota Sungai Penuh Tandatangani Kesepakatan KUA dan PPAS Tahun Anggaran 2023.

Advetorial

DPRD Kota Sungai Penuh Gelar Rapat Paripurna Masa Persidangan III

Advetorial

Wako Ahmadi Hadiri Penandatangan Kerjasama Antara Badan Geologi & UNJA

Advetorial

Peringati HUT Bhayangkara ke-76 Tahun 2022, Polres Kerinci Ikuti Upacara Secara Virtual

Nasional

Tim Verifikator Kementerian LH Lakukan Verifikasi Proklim di Desa Talang Lindung, Pertanian Organik Salah Satu yang Jadi Perhatian 

Advetorial

Lanjutan Pembahasan Bapemperda DPRD Kota Sungai Penuh