koransakti.co.id – Hyundai Palisade generasi terbaru telah resmi beralih ke teknologi mesin hybrid, menggantikan mesin diesel yang digunakan pada model sebelumnya. Perubahan ini tentu menimbulkan pertanyaan besar di kalangan para penggemar otomotif: apakah versi hybrid benar-benar lebih irit?
Berdasarkan hasil pengujian, Hyundai Palisade Hybrid secara keseluruhan memang menawarkan efisiensi yang lebih impresif. Namun, ada satu skenario di mana versi diesel justru sedikit lebih unggul.
Dominasi Hybrid di Rute Dalam Kota dan Kombinasi
Dalam pengujian konsumsi bahan bakar untuk rute Dalam Kota, Hyundai Palisade Hybrid menunjukkan keunggulan yang sangat signifikan. Mobil ini berhasil mencatatkan angka efisiensi 20,7 km/l. Angka ini jauh melampaui versi mesin diesel yang hanya mampu mencatatkan 12 km/l.
Keunggulan versi hybrid juga berlanjut di pengujian rute Kombinasi (gabungan dalam kota dan tol). Palisade Hybrid berhasil meraih angka 23,7 km/l, sementara Palisade diesel berada di angka 16,7 km/l.
Diesel Unggul Tipis di Rute Tol
Meskipun demikian, Hyundai Palisade bermesin diesel ternyata masih menunjukkan keunggulannya di rute Tol. Dalam skenario perjalanan dengan kecepatan konstan di jalan bebas hambatan, Palisade diesel mampu mencatatkan konsumsi BBM 17,9 km/l.
Sementara itu, Hyundai Palisade Hybrid kalah tipis dengan catatan 16,2 km/l di rute yang sama.
Secara keseluruhan, peralihan ke mesin hybrid terbukti membuat Hyundai Palisade menjadi SUV yang jauh lebih efisien, terutama untuk penggunaan di perkotaan. Namun, bagi mereka yang sering melakukan perjalanan jauh melalui tol, versi diesel sebelumnya masih menawarkan efisiensi yang sedikit lebih baik.
baca juga Pidato Prabowo di PBB Tuai Pujian, Penulis Pidato SBY: Bangga dan Terharu – Koran Sakti