Home / Advetorial / Nasional / Pariwisata

Jumat, 3 November 2023 - 05:16 WIB

Tarian Sakral Ngagah Harimau Memukau Penonton Saat Pembukaan Festival Kerinci ke XXI

koransakti - Penulis

Koran Sakti co.id, Kerinci – Gubernur Jambi Al Haris beserta Bupati Kerinci Adi Rozal, Wakil Bupati Ami Taher serta tamu undangan terpukau saat menyaksikan tarian sakral Ngagah Harimau dari Desa Pulau Tengah ketika pembukaan Festival Kerinci ke XXI di Danau Kerinci, Kamis, 2/11/2023.

Tari sakral Ngagah Harimau ini dibawakan oleh Sanggar Seni Telaga Biru Pulau Tengah dengan beranggotakan siswa SMAN 3 Kerinci dan MTSN 7 Kerinci.Tari menggagah harimau diangkat dari tradisi upacara membayar bangun yang dilakukan apabila ada harimau yang mati di rimba belukar Pulau Tengah maka harimau tersebut diusung oleh hulu balang negeri dan masyarakat ke rumah adat.

Kemudian dilakukan upacara membayar bangun di lapangan dan diarak oleh masyarakat dengan tepuk tari yang sakral dengan silat pedang, silat kekuataan tangan kosong dan silat tombak oleh pemangku adat dan dukun negeri.

Mereka menyeru penunggu penghuni pematang di tujuh bukit, tujuh lurah, tujuh guguk, tujuh pematang untuk menyaksikan upacara bayar bangun ini, sehingga tidak ada lagi silang sengketa antara harimau dengan masyarakat sehingga amanlah anak cucu dan keturunan-keturunannya.

Baca juga :   Pemkot Sungai Terima alat PCR Pemprov Jambi

Untuk diketahui, Festival Kerinci adalah pesta rakyat Kerinci dilakukan setiap tahun dan sudah menjadi event nasional. Sesuai fakta sejarah sudah berlangsung 21 kali sampai dengan Tahun 2023 ini, demikian disampaikan Bupati Kerinci, Adirozal dalam sambutannya saat pembukaan Festival Kerinci ke XXI.

Adirozal mengatakan Festival ini bertujuan sebagai upaya meningkatkan gerak pengembangan pariwisata tidak hanya pada potensi alam, tetapi diperkaya dengan keanekaragaman seni budaya tradisional.

“Mudah-mudahan dengan festival Kerinci ini dapat membawa kemajuan bagi pariwisata Kabupaten Kerinci yang akan datang, dan semakin diminati oleh wisatawan lokal, nusantara maupun wisatawan mancanegara sehingga mampu meningkatkan citra positif daerah, khususnya sebagai tujuan wisata unggulan yang berkelas nasional dan internasional” ujar Bupati, AdirozalUngkapan yang sama, Menteri kemenparekrap diwakili Direktur Pengembangan Destinasi Kemenparekraf, Sri Utari Widyastuti menyampaikan ucapan selamat untuk Kabupaten Kerinci yang telah berhasil melewati berbagai tahap yang ketat bersama ratusan daerah lainnya diseluruh Indonesia. Dari 120 event, Kabupaten Kerinci masuk ke dalam Kharisma event nusantara tahun 2023.

Baca juga :   Wako Ahmadi Lepas Kontingen Kota Sungai Penuh untuk Porprov Jambi 2023

Disebut Sri Utari, Kharisma Event Nusantara merupakan program strategis dari Kemenpanrekrap RI sebagai strategi dan kolaborasi bersama seluruh provinsi di Indonesia melalui penyelenggaraan event berkualitas. KEN bertujuan mendorong pemulihan ekonomi, di mana Fokus dari KEN adalah untuk mempromosikan destinasi wisata serta meningkatkan kunjungan wisatawan dengan mengangkat keunikan lokalitas yang memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya dan lingkungan dengan prinsip pengembangan pariwisata berkelanjutan.

Sri utari optimis dengan terus mengembangkan strategi inovasi, adaptasi dan kolaborasi pengembangan potensi dan penguatan promosi pariwisata dapat berjalan optimal. (Emi)

 

 

Berita ini 345 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Advetorial

Sambut Ramadhan 2022 Yang Akan Datang, Ketua DKM Al Huda Kerja Bakti Bersama Pengurus Paguyuban Cagar

Advetorial

Wawako Antos : Perketat Pengawasan Produk Pangan

Advetorial

Satu Indonesia Harus Tahu Zaki & Yohana Member Management New QQ Pro Viral Jadi Model Video Clip “Cinta Sampai Mati” Kangen Band

Advetorial

Bupati Adirozal Lepas 76 Kafilah MTQ ke 51 Kabupaten Kerinci

Jakarta

ICHA CHRISTY HITS SINGLENYA “SANDARAN JIWA” BANYAK DIDUKUNG ARTIS KONDANG

Advetorial

Wawako Antos Hadiri Peringatan Hari Air Dunia Ke-30 Di Jambi

Jakarta

Gus Din Sampaikan Kabar Duka, Nyai Lily Wahid Cucu Almarhum KH. Hasyim Asy’ari Meninggal Dunia

Dinamika

Meriahkan Dirgahayu RI, PWI Serahkan Merah Putih 20 Meter, Juga Siapkan 2.000 Bendera