Home / Sungai Penuh

Selasa, 21 Juni 2022 - 17:51 WIB

Penyerahan Sertifikat Organik, Armen : Pertanian Organik Harus Berkembang di Kota Sungai Penuh

koransakti - Penulis

KoranSakti.co.id, Sungai Penuh – Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kota Sungai Penuh Armen menyerahkan sertifikat organik kepada Mardizal Penggiat dan Petani Organik bertempat di kantor BPP Kecamatan Sungai Bungkal, Desa Talang Lindung, Selasa, 21/6/2022.

Armen mengatakan sebelum tahun delapan puluhan petani tidak mengenal pupuk sintetis dan pestisida kimia, “saat itu petani tidak mengenal pupuk kimia, yang dipakai hanya organik, coba lihat di sawah padi tumbuh subur, belut banyak, petani pun sehat,” sebutnya.

Lanjutnya, sejak tahun sembilan puluhan sampai sekarang mulai berkembang pupuk kimia, pestisida kimia, herbisida kimia. Bahan kimia inilah yang merusak tanah serta membunuh hewan sawah seperti belut, cacing.

Baca juga :   IKA UNPAD SINERGI VAKSINASI COVID-19 JAWA BARAT SLB NEGERI CICENDO, 26 FEBRUARI 2022

Jika terus bertani secara konvensional maka tanah akan tandus, biaya produksi makin membengkak yang dipicu harga pupuk sintetis dan pestisida kimia terus naik, lingkungan rusak serta tidak baik untuk kesehatan.“Saya berterimakasih pada Mardizal selaku penggiat dan petani organik yang telah mengembangkan pertanian organik. Tidak mudah mendapatkan sertifikat organik ini. Setahu saya di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh baru inilah mendapatkan sertifikat organik nasional.” jelas Armen.

Baca juga :   Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Armen : Ingatkan Kelompok Tani Tidak Aktif Dibubarkan Saja

Armen mengajak kepada semua anggota kelompok tani agar mulai beralih cara bertani kembali ke alam. Sebab alam sudah menyediakan seluruh yang dibutuhkan tanaman. “Kunci bertani organik adalah rajin dan disiplin.” tuntas Armen

Acara penyerahan dan penandatanganan sertifat organik dihadiri Kabid TPH, Kasi, Koordinator BPP, Koordinator POPT, PPL, POPT dan kelompok tani dalam Kota Sungai Penuh.( al )

Berita ini 196 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Adventorial

Wawako Antos Tutup Secara Resmi Kejurda E-Sport Kota Sungai Penuh

Adventorial

Wawako Antos : Semua Lini Harus Berperan Putus Mata Rantai Covid-19

Adventorial

Bahas Persoalan Sampah, Ketua DPRD Kota Sungai Penuh Gelar Rapat Koordinasi Bersama Forkompimda

Adventorial

Membanggakan, Pemkot Sungai Penuh Raih Opini WTP

Adventorial

Ketua DPRD Fajran Ikut Melepaskan Peserta Paralayang di Bukit Padon

Opini

Cara Bertani Kembali ke Alam

Adventorial

Wako Ahmadi : Cari Inovasi Baru dan Kreatif Dalam Mengajar

Adventorial

Wako Ahmadi Hadiri Pengukuhan Pengurus Ojek PSPT Periode 2022-2025