Home / Daerah / Pemerintahan

Minggu, 16 Januari 2022 - 04:15 WIB

Percaya Desa, Desa Bisa

koransakti - Penulis

KoranSakti.co.id, SUKABUMI – Undang-Undang No. 6/2014 tentang Desa genap berusia sewindu atau delapan tahun telah memberikan dampak yang sangat luar biasa dan signifikan terhadap percepatan pembangunan desa.

Salah satunya adalah semakin meningkatnya jumlah strata Desa Mandiri dan berkurangnya strata Desa Tertinggal serta sangat tertinggal.

Terbukti di Jabar sendiri, jumlah strata Desa Mandiri mengalami peningkatan yang cukup fantastis, yaitu 586 Desa Mandiri, strata Maju 2.102 Desa, strata Berkembang 2.606 Desa, dan hanya menyisakan 18 strata Desa Tertinggal sampai dengan akhir tahun 2021.

Baca juga :   Wawako Antos : Semua Lini Harus Berperan Putus Mata Rantai Covid-19

Untuk memperingati sewindu lahirnya UU Desa, Kemendesa PDTT menggelar acara peringatan bertemakan “Percaya Desa, Desa Bisa” di Kampung Adat Kasepuhan Ciptagelar Desa Sirnaresmi, Kec. Cisolok, Kab. Sukabumi, pada Sabtu (15/01/2022).

Pada acara tersebut, hadir langsung Mendes PDTT, Gus Halim dan para Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Kemendes PDTT, Sekda Kab. Sukabumi, Kadis PMD Kab. Sukabumi, Sekretaris DPMD Prov. Jabar dan Kabid KPPM.

Baca juga :   Dua Artis Ini Tolak Tawaran Road Show, Ini Alasannya

“Selama delapan tahun terakhir, pemerintah memberikan kepercayaan kepada desa, dan kepercayaan tersebut dibuktikan oleh desa-desa di Indonesia”, demikian diungkapkan Gus Halim dalam sambutannya.

Selain diisi tasyakur sewindu lahirnya UU Desa, juga diserahkan CSR Award, pengumuman Lomba Promosi Desa Wisata, juga disuguhkan berbagai pertunjukan adat seni budaya dari Kasepuhan Ciptagelar, seperti wayang golek, kesenian jipeng hingga tari-tarian tradisional lainya.(dwi)

Berita ini 17 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Advetorial

Ribuan Kafilah Beserta Official Semarakkan Pawai Ta’aruf MTQ Ke-51 Tingkat Provinsi Jambi

Advetorial

Wako Ahmadi Hadiri Pelantikan PPK Kota Sungai Penuh

Daerah

PWI Kota Bogor Buka Posko Bencana, Galang Donasi Peduli Kemanusiaan

Daerah

Desa Ulu Air Wakili Kota Sungai Penuh Dalam Lomba “AKU HATINYA PKK” Tingkat Provinsi Jambi

Advetorial

Wako Ahmadi Hadiri Penandatangan Kerjasama Antara Badan Geologi & UNJA

Daerah

Majelis Taklim Binaan TP-PKK Desa Pancuran Tiga Tampil Di Salah Satu Program TV

Advetorial

Wako Ahmadi : Kedepankan Etika Politik

Advetorial

H Fajran : HKKN Merangin Ajang Silahturahmi, Penting Untuk Hadir