Home / Nasional / Pemerintahan

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 09:00 WIB

Tim Verifikator Kementerian LH Lakukan Verifikasi Proklim di Desa Talang Lindung, Pertanian Organik Salah Satu yang Jadi Perhatian 

koransakti - Penulis

Koran Sakti.co.id, Sungai Penuh – Masuknya Desa Talang Lindung Kecamatan Sungai Bungkal Kota Sungai Penuh sebagai nominasi Proklim (Program Kampung Iklim) tingkat utama dalam Provinsi Jambi disambut baik oleh masyarakat.

Tim Verifikator Kementerian Lingkungan Hidup Kartika Puspita Sari, S.Hut bersama dua rekannya dan didampingi Kadis Lingkungan Hidup Kota Sungai Penuh Wahyu Rahman Dedi, SE, M.Si, Camat Sungai Bungkal Victory Syafutra, S.STP, M.AP disambut aparat Pemerintahan Desa Talang Lindung dan tokoh masyarakat.Dalam sambutannya Kades Talang Lindung Zulfajri, SH mengatakan luas wilayahnya 4.300 ha, 350 ha lahan produktif pertanian, perumahan dan fasilitas lain. “Sekarang sedang dikembangkan pertanian organik yang memanfaatkan limbah rumah tangga dan limbah pasar difermentasikan menjadi Eco Enzym untuk tanaman, hewan dan kesehatan. Kita juga sudah melaksanakan pelatihan pembuatan Eco Enzym untuk masyarakat,” sebutnya.

Baca juga :   Tarian Sakral Ngagah Harimau Memukau Penonton Saat Pembukaan Festival Kerinci ke XXI

Serta didukung oleh ketersediaan air bersih PAB Pauh Jernih yang bersumber dari TNKS (Taman Nasional Kerinci Seblat) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan pertanian dan bahkan mampu mengairi persawahan masyarakat Kota Sungai Penuh.Kadis Lingkungan Hidup Wahyu Rahman Dedi, SE, M.Si menjelaskan bahwa alam dan masyarakat Desa Talang Lindung sangat menjaga kelestarian lingkungan. “Tidak begitu banyak yang harus disiapkan, karena masyarakat sudah terbiasa menjaga alam agar tetap lestari,” sebut Wahyu.

Kartika Puspita Sari, S.Hut tim Verifikator Kementerian Lingkungan Hidup mengatakan, keserasian manusia dan alam harus tetap dijaga. “Masyarakat harus mampu menjaga kelestarian alam salah satunya dengan tidak membakar lahan,” katanya.Tim Verifikator juga mengunjungi kebun pertanian organik milik Mardizal Pengiat Pertanian Organik juga Ketua 3G O (Ga Ge Go Organik) Provinsi Jambi. Kartika Puspita Sari, S.Hut sangat tertarik dengan pertanian organik dan bahkan ikut memanen tomat organik.

Baca juga :   Ini Penjelasan Pj. Bupati Kerinci Terkait Kisruh Seleksi PPPK Tahun 2023.

Serta meninjau ketersediaan pupuk organik seperti Eco Enzym, POC Kipahit, MOL Jakaba, POC daun kelor, booster buah, pestisida nabati, dan Biosaka. Semuanya ini berasal dari limbah rumah tangga dan limbah pasar.

“Pemanfaatan limbah menjadi pupuk organik berarti melestarikan lingkungan agar tetap bersih dan sehat. Atas dukungan sepenuhnya dari masyarakat semoga Desa Talang Lindung bisa lanjut ke Proklim Lestari,” sebutnya. al

Berita ini 269 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Nasional

Beras CPP Disalurkan Bulog Cabang Kota Sungai Penuh Terpusat di PT.Pos

Advetorial

Dinas PUPR Kerinci Menggelar Pelatihan Pembekalan dan Uji Sertifikasi TKK

Advetorial

KOMEDIAN PAPA ZIDAN PEMILIK AKUN @papazidan3 JADI BINTANG TAMU DI ACARA “LAPOR PAK” TRANS7

Pemerintahan

Tandatangan MoU Kerjasama dan Gelar Jumpa Pers dengan Media

Advetorial

Forum Wartawan Pendidikan Jabar Sosialisasikan Lomba Esai Khusus Pelajar

Advetorial

Relawan Loyalis Erick Thohir Jatim Berbagi Sembako Bersama Ratusan Tukang Becak dan Ojol di Surabaya

Advetorial

Ahmadi Zubir Melantik 12 Pejabat Eselon II Lingkup Pemkot Sungai Penuh 

Advetorial

Pembukaan MTQ Ke 51 Tingkat Kabupaten Kerinci Ditandai Dengan Pemukulan Beduk Oleh Bupati, Adirozal