Home / Bisnis / Dinamika / Sungai Penuh

Rabu, 17 Mei 2023 - 09:29 WIB

UPPO Cangking Indah Romend Produksi Pupuk Organik

koransakti - Penulis

Koran Sakti. co.id, Sungai Penuh – Gebrakan Kelompok Tani Cangking Indah Romend yang memproduksi pupuk organik mendapat sambutan baik dari petani apalagi ditengah mahalnya harga pupuk kimia dan sulitnya memperoleh pupuk kimia subsidi.

Kelompok tani ini mendapat bantuan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia bidang prasarana dan sarana melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kota Sungai Penuh berupa 11 ekor sapi dan sarana lainnya yang menunjang program bantuan tersebut.Program ini bernama UPPO (Unit Pengolahan Pupuk Organik), Riko ketua kelompok tani Cangking Indah Romend yang beranggotakan 17 orang menjelaskan dengan adanya bantuan ini menambah pendapatan anggota kelompok dan juga membantu petani dalam penyediaan pupuk ramah lingkungan.

Baca juga :   Pertanian Organik Solusi Mahalnya Harga Pupuk

“UPPO baru satu tahun berjalan sudah menghasilkan belasan ton pupuk organik. Permintaan pupuk organik sangat banyak baik dari dinas instansi maupun petani apalagi ibu-ibu pencinta tanaman hias sangat menyukai pupuk organik ini karena sudah melalui proses fermentasi,” sebut Riko, Rabu, 17/5.

Fermentasi dilakukan selama satu bulan dengan cara kotoran sapi dan urin sapi dimasukkan ke dalam wadah dicampur sekam padi, kapur dolamit, gula serta ditambah EM 4.

Riko mengatakan harga satu karung pupuk organik 12.000 rupiah langsung diantar ke tempat. Jika berminat silakan datang ke Kelompok Tani Cangking Indah Romend berlokasi di RT 12 Canggih Indah Desa Gedang Kota Sungai Penuh Jambi.Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kota Sungai Penuh Armen mengatakan pemakaian pupuk organik dianjurkan oleh pemerintah bahkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam rapat terbatas bersama jajarannya di Istana Merdeka, Kamis, 27/4/2023.

Baca juga :   Kunjungi Jambi, Ini Agenda Ketum IWOI Icang Rahardian

Dalam rapat tersebut kata Armen, Presiden minta pengurangan ketergantungan terhadap pupuk kimia dengan meningkatkan penggunaan pupuk organik bagi para petani, berdasarkan laman resmi Presiden Republik Indonesia yang diedarkan oleh kementerian pertanian. al

Berita ini 245 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Komunitas

Pegiat Pertanian Organik Kota Sungai Penuh Mulai Berproduksi

Dinamika

Berikan Pelayanan Prima, Satlantas Polres Kerinci Kunjungi Bocah Korban Tabrak Lari 

Bencana

Tinjau Korban Banjir, Wako Ahmadi & Danrem 042/ GAPU Jambi Serahkan Bantuan

Daerah

SMKN 2 Sungai Penuh Sambut Kunjungan LP3M UNP dan Wakil Direktur Vokasi Kementerian

Advetorial

Rihlah Ilmiah Majelis Syubbanul Uluum di Cianjur, Langkah Kaderisasi Khotib Jum’at & Alim Robbani

Daerah

IKALUNI 20.12 Selenggarakan Aksi Sosial dengan Peduli Donor Darah

Advetorial

Selamat Pengukuhan PWI Sungai Penuh-Kerinci

Daerah

RAKORNAS Media Massa Tahun 2021 “Bersinergi Membangun Informasi”