Home / Advetorial / Bisnis / Kerinci

Kamis, 19 Mei 2022 - 18:49 WIB

Kiprah PT. CGC  Dalam  Upaya Meningkatkan Kesejateraan Petani Kulit Manis Kerinci

koransakti - Penulis

KoranSakti.co.id, Kerinci-Banyak pengusaha sukses di Indonesia yang berhasil menjalankan bisnis di usianya yang masih muda. Kerja keras, pantang menyerah, keuletan, serta tekad yang kuat menjadi beberapa faktor yang membuat para pengusaha  ini mencapai kesuksesan. Para pengusaha  ini bergelut di berbagai bidang usaha yang beragam, salah satunya di bidang Kulitmanis.Kabupaten Kerinci merupakan  salah satu daerah penghasil terbesar Kulit Manis terbaik di Provinsi Jambi, Kayumanis (Cinnamomum burmanii) merupakan komoditas unggulan ekspor Indonesia di sektor perkebunan setelah lada dan pala. Kayumanis asal Indonesia sudah dikenal dalam dunia perdagangan rempah dunia dengan sebutan kayumanis Koerintji atau padang cassia.

Keunggulan  kayumanis ini yaitu memiliki mutu kulit kayumanis yang baik dengan kadar minyak atsiri sekitar 1,29 – 3,57 % dan kadar sinamaldehid berkisar 91,88 – 94,19%. Kadar sinamaldehid kayumanis ini melebihi standar SNI yaitu 50%. Karakteristik mutu tersebut disukai oleh negara-negara pengimpor kayumanis.

Mutu kayumanis sangat ditentukan oleh Seleksi Pohon Induk Terpilih (PIT) dilakukan dengan memilih berdasarkan pada karakter pertumbuhan, produksi, dan penampilan tanaman. Jumlah pohon induk terpilih yaitu lima puluh lima pohon terdiri dari 20 pohon dari Desa Lempur Tengah, 15 pohon dari Desa Perikan Tengah, dan 20 pohon dari Desa Air Betung.

Baca juga :   Pimpin Apel di RSUD, Wako Ahmadi : Perbaiki Pelayanan & Tunjukkan Keramahan

Keunggulan PIT kayu manis Koerintji yaitu memiliki produksi kulit segar kayumanis Koerintji berkisar 126,25 – 201,51 kg basah/pohon, sedangkan produksi kulit kering yaitu sekitar 25,41 – 39,98 kg kering/pohon dengan ketebalan kulit kayumanis yaitu 3,65 – 6,65 mm. Selain itu, keunggulan lain PIT kayumanis ini yaitu memiliki mutu kulit kayumanis yang baik dengan kadar minyak atsiri sekitar 1,29 – 3,57 % dan kadar sinamaldehid berkisar 91,88 – 94,19%. Kadar sinamaldehid kayumanis ini melebihi standar SNI yaitu 50%. Karakteristik mutu tersebut disukai oleh negara-negara pengimpor kayumanis. Lima puluh lima pohon induk terpilih tersebut merupakan kayumanis terbaik di Provinsi Jambi dan telah menyebar ke berbagai daerah tidak hanya di Provinsi Jambi tetapi juga telah menyebar ke Provinsi Sumatera Barat bahkan ke Luar Negeri.Kehadiran PT. Cahaya Gemuruh Cemerlang (CGC ) beralamat di Desa Parikan Tengah, Kecamatan Gunung Raya  Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi, disambut baik masyarakat Kerinci, walau belum lama berdiri, namun kiprahnya terhadap masyarakat setempat sangat baik, disamping itu masyarakat bisa menjual kayumanis di PT. CGC dengan harga lebih tinggi.

Baca juga :   Ketua DPRD Kota Sungai Penuh Shalat Ied Idul Fitri 1443 H di Lapangan Merdeka

PT CGC adalah perusahaan penyedia komoditas kayu manis yang memperdagangkan produk setengah jadi dan produk jadi berupa produk yang telah diolah sesuai dengan grade yang ada di pasar. Perusahaan ini rutin melakukan pengiriman kayumanis ke berbagai daerah.Menurut Zaenal, Marketing Manager PT.CGC kepada media ini mengatakan, keberadaan PT.CGC ditengah masyarakat disamping menampung hasil panen petani, namun juga pihaknya memberikan pendampingan dan memberi edukasi kepada  petani.

” perusahaan ini memberikan edukasi seperti mulai proses cara tanam, sampai panen untuk menghasilkan kayu manis berkualitas tinggi, yang bisa memenuhi standar eksport” ungkap Zaenal.

Disamping itu  tentu saja hadirnya PT.CGC memberi dampak positif terhadap lingkungan, arti kata juga ikut mensejahterakan masyarakat setempat. ( Emi )

Informasi PT CGC  :

Website : cahayagemuruh.com
Facebook : Cahaya Gemuruh Cemerlang
Instagram : cahayagemuruhcemerlang

 

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro)

Situs Resmi PT. CGC (Cahaya Gemuruh Cemerlang)

Berita ini 1,145 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika

Gerak Cepat PT.KMH, Aslori : Pasca Ambruk, Jembatan Tamiai Kembali Bisa Dilewati Kendaraan

Daerah

Pemdes Angkasa Pura Salurkan BLT-DD Kepada 70 KPM.

Advetorial

Rapat Gabungan DPRD Kota Sungai Penuh

Advetorial

Wako Ahmadi Buka Secara Resmi Piala Asprov Jambi Putaran Sungai Penuh

Kerinci

Disinyalir ilegal, Rokok Luffman Marak Beredar di Supen-Kerinci

Advetorial

Dandim 0417 Kerinci Silahturahmi ke DPRD Sungai penuh

Advetorial

Wako Ahmadi – Wawako Antos Shalat Idul Adha Bersama Masyarakat

Kerinci

AMSB PEDULI KORBAN EKSEKUSI RUMAH HASIL BANTUAN BAZNAS