Home / Dinamika / Sungai Penuh

Minggu, 9 Juli 2023 - 16:39 WIB

Sosialisasi Gencar Dilakukan, Masyarakat Mulai Melirik Sayur Organik

koransakti - Penulis

Koran Sakti. co.id, Sungai Penuh – Masyarakat mulai melirik produk pertanian organik yang disosialisasikan oleh komunitas Penggiat Pertanian Organik Kota Sungai Penuh Jambi di Lapangan Merdeka Sungai Penuh, Minggu, 9/7/2023.

Memasuki minggu kedua sosialisasi sayuran organik mulai mendapat respon baik dari masyarakat, buktinya selesai masyarakat melaksanakan senam sehat di lapangan Merdeka mereka langsung membeli tomat, kangkung, sawi organik yang dijual oleh komunitas Penggiat Pertanian Organik, dan sayur pun ludes terjual.

Lapak sayur organik di lapangan Merdeka juga dikunjungi Rini Kabid Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kota Sungai Penuh. Ia menyarankan agar pasar sayur organik digelar secara terus-menerus. “Supaya masyarakat lebih mengenal lagi tentang produk pertanian organik seperti sayur-mayur jadi sosialisasi dan pemasaran harus dilakukan berkelanjutan,” sarannya.Ada beberapa kelebihan sayur organik dibandingkan sayur yang menggunakan pupuk kimia dan pestisida untuk kesehatan keluarga. Buah dan sayur organik lebih bergizi dan lebih sehat dibandingkan dengan makanan non-organik. Makanan organik memiliki lebih banyak vitamin, mineral, enzim, dan zat gizi mikro.

Baca juga :   Pemdes Ulu Air Kembali Salurkan BLT-DD Tahap 12 Tahun 2021 Kepada 117 KPM

Secara umum, makanan organik terasa lebih enak daripada makanan non-organik karena diproduksi secara alami dan tanah yang digunakan ternutrisi dengan baik dan bebas dari bahan kimia buatan. Selain rasa yang lebih lezat, aromanya juga lebih baik daripada buah dan sayuran non-organik.

Baca juga :   Pemkot Sungai Penuh Peringati HUT 65 Provinsi Jambi

Jika mengonsumsi makanan organik akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga akan mencegah penuaan dini. Sementara umur simpan makanan organik lebih lama dari pada makanan non – organik, sehingga menyimpannya dengan aman untuk durasi yang lebih lama.Pasar sayur organik digelar setiap pagi Minggu di Lapangan Merdeka Kota Sungai Penuh. Bagi masyarakat yang ingin membeli sayur organik silahkan datang di lapak sayur organik yang hanya ada di Lapangan Merdeka, kata Suwardi anggota Komunitas Penggiat Pertanian Organik Kota Sungai Penuh. (al)

Berita ini 255 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Advetorial

Wawako Antos Minta Kades Prioritaskan Pembangunan TPS3R

Advetorial

Wako Ahmadi Resmikan BUMDesa Progresif Desa Sumur Anyir

Daerah

Pengurus PWI Kota Sungai Penuh Periode 2023-2026 Resmi Dilantik

Advetorial

Wako Ahmadi Gelar Goro Akbar Bersama Masyarakat

Advetorial

Wako Ahmadi Terima Penghargaan Universal Health Coverage (UHC)

Advetorial

Ketua DPRD Kota Sungai Penuh Hadiri Pelepasan Santri dan Santriwati ke Ponpes Wilayah Indonesia

Komunitas

Pegiat Pertanian Organik Kota Sungai Penuh Mulai Berproduksi

Dinamika

Arena MTQ Belum Rampung, Waktu Singkat, Pekerjaan Terkesan Asal Jadi